Potensi Nagari

Sabtu, 14 Juli 2012

Pertanian dan Perkebunan
Kondisi topografi yang ada berpengaruh terhadap kehidupan sosial ekonomi masyarakat, dan ketersediaan lahan, penggunaan lahan di Nagari Padang Laweh didominasi oleh areal pertanian (sawah, ladang)

Di Nagari Padang Laweh terdapat areal pertanian di keempat jorong, Jorong Talao, Jorong Tampaik, Jorong Batu Gadang dan Jorong Kubu

Berbagai jenis sayuran yang dibudidayakan di Nagari Padang Laweh diantaranya Kembang Kol (Lobak Bungo),Kol Bulat ( Lobak Bulek ),Lobak Singgalang, Sawi manih, Sawi Paik, Sawi Bola, Japan ( Labu Siam ), Bawang Perai, Wortel, Lado ( Cabe ), terong, Tomat dan lain-lain.

Dilihat dari jenis sayuran diatas produksi sayuran yang tertinggi adalah jenis Lobak, bulek, sawi, dan yang terendah adalah Terong, tanaman sayur ini mempunyai nilai komersil tinggi dan kecenderungan peningkatan produktifitas dan dari tahun ke tahun sehingga memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan secara agribisnis.

Tanaman holtikultura (bunga-bungaan) termasuk dalam komuditas holtikultura yang memiliki potensi pengembangan sangat baik, permintaan pasar akan komuditi tanaman hltikultura cenderung meningkat berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk, industri pariwisata yang makin berkembang, faktor pendukung yang sangat strategis bagi pengembangan agribisnis holtikultura Nagari Padang Laweh adalah tersedianya sumberdaya alam dan sumberdaya manusia yang memadai serta faktor letak yang dekat dengan kota bukittinggi.

Disamping pertanian tanaman pangan perkebunan di Nagari Padang Laweh merupakan potensi yang dapat dikembangkan bagi perekonomian masyarakat. Perkebunan ini bisa dikembangkan menjadi agrobisnis karena didukung dengan pemandangan yang indah, iklim yang sejuk dan tanah yang subur.

Pertumbuhan ekonomi masyarakat dan perkembangan Nagari Padang Laweh juga didukung dengan letak yang startegis yaitu dekat dengan jalan lintas Sumatera sebagi lintasan transportasi dari Aceh menuju Jakarta jika melalui jalan darat, hal ini merupakan potensi berkembangnya pedagang-pedagang kecil, sedang berkembang industri konveksi.

Pariwisata
Sektor pariwisata merupakan salah satu sektor yang dapat memberikan konstribusi terhadap pertumbuhan ekonomi di Nagari Padang Laweh terdapat berbagai objek wisata yang sangat potensial untuk dikembangkan karena didukung oleh keindahan alam dan udara yang sejuk berbagai objek wisata yang dapat dikembangkan yaitu:

Wisata Alam Pemandian air Terjun’ Sarasah
Wisata Bungin Indah
Agro Wisata
Seni Tari Alang Suntiang Pangulu
Seni Randai Batuduang Ameh
Adat dan Budaya
Dalam pelaksanaannya secara umum adat minang kabau mengajak kepada masyarakatnya untuk senantiasa bertingkah laku baik dan bermoral mulia, tata kehidupan masyarakat minangkabau didasarkan pada falsafah hidup adat minang kabau yaitu adat basandi syara’, syara’ basandi kitabullah yang mempunyai makna syara’ mangato adat mamakai.

Dalam tata kehidupan masyarakat Nagari Padang Laweh selalu memgang teguh ajaran agama dan adat istiadat yang berlaku di nagari. Penyelenggaraan pemerintahan dalam pelaksanaan pembangunan selalu menggunakan jalan musyawarah mufakat setiap pengambilan keputusan dengan melibatkan semua unsur masyarakat yang ada seperti niniak mamak, cadiak pandai, alim ulama, bundo kanduang dan pemuda yang terakomodir dalm wadah lembaga Badan Permusyawaratan Nagari.

Di zaman era globalisasi sekarang, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi juga memberikan dampak negatif pada pelunturan nilai-nilai agama dan adat istiadat, disinilah peran penting tokoh agama dan adat untuk mengantisipasi dampak negatif masuknya pengaruh dari luar yang dapat merusak nlai-nilai agama dan adat istiadat tersebut dengan mendorong agar masyarakat dapat menghayati dan mengamalkan filosofis ABS-SBK dalam kehidupan sehari-hari.

Agama
Seiring dengan kebijakan pemerintah propinsi sumatera barat “babaliak Kanagari” di era otonomi daerah, belum mampu diterjemahkan secara konkrit ditengah-tengah kehidupan masyarakat, sehingga muncul kekhawatiran makin luntur dan rendahnya pemahaman agama bagi generasi muda.

Untuk mengantisipasi hal ini, telah dilakukan berbagai langkah dan upaya bagi tokoh masyarakat di Nagari Padang Laweh untuk membangun mesjid, mushalla dan melakukan kegiatan-kegaiatan keagamaan dengan penyediaan sarana dan prasarana ibadah serta pengembangan kegiatan kegamaan.

Perantau
Salah satu ciri masyarakat Nagari Padang Laweh dan telah menjadi kebiasaan sebagaimana budaya masyarakat minangkabau yaitu merantau. Masyarakat Nagari Padang Laweh yang merantau lebih didominasi oleh penduduk laki-laki yang berumur 18 tahun s/d 45 tahun dengan kota tujuan yang beragam dan tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia dan bahkan ada yang merantau sampai ke luar negeri yaitu Malaysia. Masyarakat anak Nagari Padang Laweh yang merantau tersebut tergabung dan dihimpun dalam wadah organisasi Ikatan Keluarga Besar Padang Laweh (IKBPL) yang berpusat di Jakarta.

Tujuan anak Nagari Padang Laweh merantau adalah untuk merubah kehidupan yang lebih baik dengan berdagang, menjadi pegawai (instansi swasta/Negeri) dan sebagainya. Bagi anak Nagari Padang Laweh yang berhasil di perantauan mereka memberikan konstribusi terhadap pembangunan kampung halaman baik berupa bantuan moril maupun materil.

0 komentar:

Posting Komentar